Visi, Misi, dan Tujuan Prodi

VISI

Visi Program Studi Ilmu Komunikasi UMMagelang adalah, “Menjadi pusat pendidikan Ilmu Komunikasi yang unggul dan islami di bidang Komunikasi Bisnis berbasis media dan digital.”

Penjabaran visi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Unggul

Memberikan pendidikan ilmu komunikasi yang berkualitas, terutama di bidang komunikasi bisnis berbasis media dan digital, mendukung keterampilan sosial dan etos kerja, serta memfasilitasi pengembangan diri mahasiswa untuk menjadi pribadi yang berkompeten, kreatif, inovatif, beretika, responsif, dan berjiwa wirausaha.

  1. Islami

Menjunjung tinggi nilai-nilai Islam berkemajuan dalam perilaku civitas academica dan di setiap aspek kehidupan kampus, peduli terhadap kesejahteraan masyarakat, serta proaktif menghadapi perubahan yang terjadi di lingkungan.

MISI

Misi Program Studi Ilmu Komunikasi UMMagelang adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu komunikasi di tingkat sarjana yang up to date, mengintegrasikan teori dan praktik, responsif terhadap isu-isu terkini terutama yang menyangkut perkembangan media komunikasi digital, dan menghasilkan insan akademik yang berjiwa wirausaha.
  2. Mengembangkan penelitian ilmu komunikasi khususnya pada bidang kajian komunikasi bisnis berbasis media dan digital untuk kepentingan akademik, industri, pemerintah, dan masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam rangka mencerdaskan dan menyejahterakan komunitas di era digital.
  4. Menerapkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai landasan berpikir dan bertindak civitas akademika dan melaksanakan syiar Islam dengan memanfaatkan media digital.
TUJUAN

Tujuan Prodi Ilmu Komunikasi adalah:

  1. Mewujudkan pendidikan ilmu komunikasi terutama di bidang Komunikasi Bisnis, yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan dinamika masyarakat di era digital, berorientasi pada pemecahan masalah, dan memperhatikan kebutuhan lokal.
  1. Menyelenggarakan program studi ilmu komunikasi berdasarkan tata kelola organisasi yang baik, transparan, dan bertanggung jawab.
  2. Menghasilkan lulusan sarjana ilmu komunikasi yang berkompeten, mampu menyelesaikan masalah, memiliki keterampilan sosial, keterampilan kerja, keterampilan komunikasi, dan keterampilan berkreasi menggunakan media digital, serta berkarakter islami.
  3. Menghasilkan karya-karya ilmiah berupa publikasi riset dan produk komunikasi yang berkontribusi bagi pengembangan ilmu dan pembangunan masyarakat di bidang Komunikasi Bisnis berbasis media dan digital.
  4. Memberdayakan masyarakat di Magelang dan sekitarnya pada umumnya, serta Amal Usaha Muhammadiyahpada khususnya, melalui kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat di bidang Komunikasi Bisnis berbasis media dan digital.
  5. Menyediakan layanan konsultasi komunikasi secara profesional, bertanggung jawab dan sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu komunikasi.
  6. Meluaskan jaringan dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan promosi program studi.