Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhamamdiyah (Unimma) meraih juara satu dalam lomba Pengelolaan Sosial Media di Unimma. Lomba diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Milad Unimma ke-56. Pengumuman pemenang disampaikan pada acara puncak perayaan Milad yang digelar di Auditorium Kampus kampus I Unimma (24/08/2020).
Menurut Lintang Muliawanti, Humas Unimma, diadakannya lomba untuk meningkatkan gairah aktivitas unit dan prodi Unimma di media sosial.
“Selain dalam rangka Milad ke-56 Unimma. (Lomba dilaksanakan) sebagai bentuk pengenalan dari unit atau prodi di Unimma kepada masyarakat luas agar mengalami akselerasi,” papar Lintang Muliawanti.
Wahyu Setyo Wibowo, staff designer Biro Humas dan Kerja Sama (BMKS) yang bertugas sebagai juri dari perlombaan ini, menyatakan akun media sosial Prodi Ilkom Unimma khususnya akun instagram @ilkom.unimma layak menjadi pemenang karena memiliki keunggulan. Dilihat dari sisi konsistensi pengarapan konten, kualitas desain dan penulisan caption, serta materi bermuatan informasi prodi ilkom kepada masyarat luas.
“Instagram ilkom memiliki keunggulan. Konsistensi yang tinggi, desain visual yang bagus, kualitas caption dan materi-materi yang disampaikan banyak memuat promosi,” ungkap Wahyu Setyo Wibowo.
Lebih lanjut Arina Husnia, Staff Humas Unimma serta juri perlombaan, menilai konten @ilkom.unimma menarik, pembahasan materi yang segar, dan kreatif.
“Sosmed ilkom khususnya instagram punya isi konten yang menarik dan sering membahas hal-hal up to date. Selain itu, postingannya juga konsisten. Dalam waktu seminggu pasti ada beberapa konten baru,” jelas Arina Husnia.
Sementara itu, Prihatin Dwihantoro, dosen Prodi Ilkom Unimma yang bertugas mengawangi program kehumasan dan promosi prodi, menyatakan aktivitas produksi konten media sosial prodi Ilkom merupakan upaya pengaplikasian dan media belajar materi perkuliahan seperti mata kuliah. Misalnya, kreasi konten digital, public relations, dan jurnalistik online.
‘’Bukan hanya dosen yang dilibatkan tapi mahasiswa juga ikut terlibat dalam pembuatan konten. Luaran kuliah teman-teman mahasiwa ilkom ada yang beberapa diarahkan dengan membuat konten baik visual, video, maupun voice over,” jelas Prihatin Dwihantoro.
Prihatin Dwihantoro menambahkan kerja sama dan konsistensi menjadi kunci dalam pengelolaan media sosial Prodi. Hasilnya, engagement media sosial prodi mengalami peningkatan. Mendapat gelar juara dalam perlombaan ini menurutnya adalah hadiah atas kerja keras bersama.
“Engagement-nya mulai ada peningkatan yang menggemberikan. Rich dan impression-nya meningkat sekarang rata-rata 4000 bahkan sampai 10.00. Followernya juga meningkat awalnya 300an sekarang sampai 1000 lebih. Ya, sangat bersyukur karena prodi ilkom mendapat apresiasi sebagai juara 1 lomba pengelolaan sosial media. Sosial media sangat penting untuk era sekarang ini semua informasi harus up to date,” kata Prihatin Dwihantoro.