PROYEKSI KARIR LULUSAN

Lulusan Prodi Ilmu Komunikasi UMMagelang diproyeksikan untuk berkarya sebagai:

 

(1) Wirausahawan

Digital Entrepreneur (DE): Pelaku usaha mandiri yang melakukan aktivitas bisnis yang memanfaatkan media digital. DE akan mampu mengembangkan digital start-up, mendesain produk, dan memasarkannya melalui media sosial.

Digital Content Creator (DCC): Pelaku usaha mandiri yang berkarya dengan membuat materi kreatif (konten) untuk media digital. Konten digital tersebut berupa gambar, video, fotografi, maupun teks. DCC dapat berkerja di perusahaan maupun secara mandiri sebagai influencer, vlogger, buzzer, dan sebagainya.

Creative Worker (CW): Pekerja kreatif berkerja di bidang industri kreatif. Mereka bisa menulis buku, membuat film, dan mengelola penyelenggaraan acara/ event (event organizer).

(2) Profesional/ Praktisi Komunikasi

Broadcaster (Penyiar): Profesional yang berkerja mengelola dan melaksanakan proses produksi siaran di radio atau televisi. Praktisi penyiaran akan mampu mendesain program siaran radia dan televisi, menulis naskah program, memproduksi program, dan menyiarkannya.

Praktisi Public Relations (Humas): Profesional yang berkerja dalam organisasi maupun sebagai konsultan swasta. Praktisi humas menguasai strategi-strategi untuk membangun dan memelihara hubungan antara organisasi pemerintahan maupun perusahaan dengan publik dan pemangku kepentingan lainnya.

Digital Advertiser (DA): Profesional di perusahaan maupun pelaku usaha mendiri yang kreatif dalam mendesain dan memproduksi iklan untuk memasarkan produk lewat media konvensional maupun digital.

Jurnalis: Profesional di bidang pemberitaan yang berkerja mengumpulkan dan menganalisis informasi, mengambil gambar, menulis dan mengedit berita, serta menilai kelayakan berita untuk dipublikasikan di media konvensional maupun digital.

Praktisi Marketing Communication (Marcomm): Profesional di bidang pemasaran, baik dalam organisasi/ perusahaan maupun lembaga konsultan swasta. Praktisi marcomm berkerja mengidentifikasi, merumuskan, dan merencanakan stratedi pemasaran untuk suatu produk/ layanan kepada masyarakat.

Penyuluh Sosial: Profesional yang berkerja di lembaga-lembaga pemerintah maupun non-pemerintah untuk memberikan penerangan atau penyuluhan kepada masyarakat dengan keterampilan public speaking dan berinteraksi dengna masyarakat.

Entertainer: Profesional di dunia industri hiburan dan seni pertunjukan, seperti presenter, pembaca berita, pembawa acara, aktor/ aktris, komedian, dan sebagainya.

(3) Ilmuwan

Peneliti Sosial: Lulusan Prodi Ilmu Komunkasi juga dapat menjadi dosen ilmu komunikasi atau peneliti maupun asisten peneliti di bidang ilmu komunikasi pada khususnya atau peneliti ilmu sosial pada umumnya. Sebagai ahli yang menguasai teori-teori dan praktik ilmu komunikasi, peneliti mampu mendesain penelitian, mengambil dan menganalisis data, dan menulis publikasi hasil penelitian.