Magelang – “Di luar Skenario, woe!” canda Woro Widowati kepada Panji dan Gamal, mahasiswa Ilmu Komunikasi aktivis Mahasiswa Himpunan Ilmu Komunikasi (Himanika) Univeristas Muhammadiyah Magelang (Unimma), yang menjadi host acara ngobrol ringan malam itu. Tidak ada dalam Team of Reference yang diberikan para host pada Woro untuk menyanyikan sepenggal lirik lagu. Namun, akhirnya ia, selaku bintang tamu tetap berkenan memenuhi permintaan Panji dan Gamal untuk memperdengarkan suara apiknya dipenghujung acara.

Kamis 9/7/2020, Himanika Unimma mengajak seorang Youtuber asal Magelang, Woro  Widowati, untuk berkolaborasi dalam sebuah koten yang disiarkan secara langsung melalui akun Instagram Himanika Unimma @himanika.ummgl17. Obrolan yang dimulai sekitar pukul 20.00 WIB antara Himanika Unimma bersama Woro Widowati mengulik tema tentang konsistensi menjadi content creator. Acara ini sangat menarik minat penonton. Buktinya, malam itu ada sekitar 300-an viewer yang menonton hingga selesai.

Sebagai content creator, Woro Widowati fokus pada pembuatan konten tentang cover lagu Jawa. Menurutnya, channel Youtube merupakan sarana mengembangkan bakatnya agar dapat dinikmati dan didengar banyak orang. Keberhasilannya menjaga konsistensi dan memanajeman produksi konten dapat dilihat dari pencapaian banyaknya jumlah subscriber. Dalam kurun satu tahun, Woro Widowati sukses memiliki 378 ribu subscribers.

“Kalau dari aku pribadi (sebagai musisi) content creator lebih ke mereka menjalankan hobi mereka kan. Dan Youtube menjadi sarana mereka. Dari jalannya hobi bisa dikenal orang itu ya lewat itu (membuat konten di Youtube),” jelas Woro Widowati. Lebih lanjut menurut Woro Widowati, konsistensinya dalam membuat konten tak lepas karena ia menyukai apa yang digelutinya saat ini. “Hasilnya (memproduksi konten) akan lebih enak kalau kalian ngejalani apa yang kalian suka.”

Woro Widaowati berpendapat seorang content creator yang cerdas adalah mereka yang dapat memproduksi konten yang bermanfaat dan berguna bagi orang lain. Mereka juga harus mampu berinovasi sehingga konten yang ia produksi memiliki kekhasan dan kreatif. “Content creator yang cerdas itu mereka bisa bikin content yang bisa berguna bagi orang lain. Kontennya bermnfaat. Lakukan yang benar. Beda dan inovasi,” ujarnya.

Rupanya acara ngobrol seru Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Youtuber cantik Woro Widowati merupakan tugas sebuah mata kuliah di Prodi Ilmu Komunikasi yang diampu oleh P. DwiHantoro, yakni Kreasi Konten Digital. Dosen yang biasa dipanggil Mas Hantoro ini mengaku bersyukur melalui tugasnya mahasiswa mampu menerobos tantangan dari inti kuliah mata kuliah Kreasi Kontent Digital. Ia menambahakan, viewer banyak adalaah bonus bagi kerja keras mahasiswa.

“Ya, alhamdulillah viewer-nya banyak sampai 300-an. Ada beberapa hal kenapa bisa tinggi. Pertama, karena narasumbernya seorang influencer. Kedua, temanya (tema obrolan) anak muda banget yaitu terkait kreasi konten. Namun, itu semua adalah bonus, karena dalam kuliah ini yang ditekankan bagaimana mengkonsep, memanagemen, dan mengkesekusi sebuah acara secara online. Dan temen-temen mahasiswa Ilkom mampu dan bisa membuat sebuah konten yang menarik,” ungkapnya dengan bangga.